Image


26FEB

4 Hal Ini Harus Diperhatikan Dalam Manajemen Pakan Lele

Sifat ikan lele yang rakus ini membuat pakan yang di berikan kapan saja pada lele biasanya tetap dimakan, bahkan dalam kondisi sudah kenyangpun ikan lele masih mau untuk berebut makanan.

Hal ini apabila tidak di perhatikan ternyata mempunyai dampak terhadap ikan lele. Pemberian pakan yang tidak terkontrol ini terkadang membuat ikan lele menggantung di permukaan air, serta ikan lelekembung. 

Diperlukan metode pemberian pakan lele yang tepat sehingga produksi ikan bisa lebih optimal, efisien pakan dapat terkontrol. Memperhatikan waktu yang pas dalam pemberian pakan lele juga harus di perhatikan oleh pembudidaya, sehingga bobot ikan lele dapat optimal dan terhindar dari penyakit.

Ikan lele harus diberikan pakan setiap hari, dalam pemberian pakan jangan sampai melebihi dari apa yang di butuhkan ikan lele, supaya kualitas air tidak cepat rusak, pemberian pakan untuk lele dalam sehari sebaiknya 3-4 kali, dengan jarak waktu minimal 4 sampai 5 jam.

Dalam pemberian pakan ternyata ada aturan yang harus di perhatikan diantaranya yaitu:

1. Tidak disarankan memberi pakan pada lele di saat akan turun hujan, dan di saat hujan.

Larangan ini ternyata mempunyai maksud bahwa ikan lele yang di kasih pakan kemudian langsung turun hujan,ternyata membuat ikan memuntahkan makannnya, hal ini di sebabkan ikan lele mengalami stress/terkejut karena turunnya air hujan. Pakan yang di muntahkan ini membuat kotor air kolam, dan membuat amoniak di dasar kolam.

2. Jangan memberi pakan pada pagi sekali

Memberipakan pada ikan lele dilakukan pada kondisi suhu mulai hangat. Pemberian pakan pada lele terlalu pagi bisa mebuat ikan lele mengalami radang pada insang. Jadi sebaiknya member pakan di saat matahari sudah mulai panas.

3. Jangan mengobok-obok kolam setelah di kasih pakan

Setelah ikan lele di kasih pakan, sebaiknya kolam tidak di obok-obok, hal ini membuat ikan lele stress dan memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan, dan menyebabkan kotor air kolam.

4. Member pakan secukupnya

Pemberian pakan yang berlebihan pada ikan lele yang menyebabkan pakan yang tidak termakan bisa mengotori kolam, dan bisa menimbulkan penyakit.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia