Image


25FEB

5 Penyebab Telur Lele Tidak Menetas

Induk ikan lele yang baik biasanya akan menghasilkan telur-telur yang sangat banyak, bahkan bisa mencapai 35 ribu dalam 1 indukan saja. Akan tetapi telur telur tersebut tidak semuanya akan bisa menetas semua, bahkan hanya separuh saja yang bisa berhasil untuk di tetaskan.

Ada banyak faktor/penyebab telur ikan lele gagal untuk mentas, disini kita akan membahas mengenai penyebabtelur ikan lele gagal menetas diantaranya:

 

1. Telur Ikan Lele Belum Matang

Disaat akan melakukan pemijahan ikan lele, sebaiknya kita memilih dan mengecek indukan tersebut apakah sudah siap untuk dipijahkan, dengan kematangan gonad yang sudah sempurna. Telur-telur ikan lele yang sudah siap untuk di buahi biasanya berwarna hijau kecoklatan, dan telur yang berwarna hijau muda menandakan telur tersebut belum matang, maka telur tersebut tidak bisa untuk di buahi oleh sel seperma.

 

2. Induk Lele Jantan Mandul

Dalam proses pemijahan kegagaln telur ikan lele untuk menetas bisajadi karena induk jantan mengalami kemandulan, sehingga telur-telur tersebut tidak dapat dibuahi oleh sel seperma, maka disini kita benar-benar harus mengecek posisi indukan yang sudah siap untuk di pijahkan.

 

3. Kualitas Air Menurun

Air di saat proses pemijahan menjadi kunci yang tak kalah pentingnya, karena keberhasilan dalam proses pemijahan juga di pengaruhi oleh kondisi air tersebut, pada saat pemijahan gunakan air yang jernih dan bersih, dipastikan tidak mengandung logam berat, air yang mengandung logam berat bisa menyebabkan kematian pada telur ikan lele, dan suhhu yang paling baik untuk kolam penetasan berkisar 21 derajat celcius. Adapun kondisi air sudah baik dan telur bisa di tetaskan, namun setelah hari mengalami kematian bisa juga karena udara di sekitar terlalu dingin, sehingga larva lele tidak dapat bertahan hidup.

 

4. Serangan Jamur

Telur ikan yang terserang jamur ini biasanya di tandai dengan warna putih benang halus seperti kapas putih, telur yang terserang jamur ini tidak akan bisa menetas dan akan membusuk.

 

5. Telur Sudah Kadaluwarsa

Induk betina yang telah lama gonad dan tidak di pijahkan ini bisa menyebabkan telur-telur ikan mengalami kadaluawarsa, dan telur tersebut kalaupun dibuahi sel seperma tidak akan berkembang menjadi larva.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia