Image


26FEB

5 Tips Pembesaran Lele Agar Cepat Panen

Masih seputar tentang dunia lele, kali ini yang akan kami bahas yaitu mengenai pembesaran ikan lele cepat panen, masa panen diman saat-saat yang paling di tunggu-tunggu oleh pembudidaya ikan lele, akan tetapi apakah hasilnya maksimal atau malah mengalami kerugian dan kemunduran waktu pemanenan karena ikan lele tak kunjung besar-besar.

Pemeliharaan ikan lele sebenranya mudah, banyak factor pendukung dalam budidaya ikan lele, diantaranya yaitu:

  • Pemeliharaan ikan lele masih tergolong mudah dan sederhana, karena alat dan media yang digunakan mudah di temukan di sekitar kita.
  • Benih lele bisa di dapatkan dengan mudah dan harga yang murah
    Keuntungan dalam budidaya iakn lele lebih cepat di peroleh, karena proses pemeliharaannya tidak terlalu lama.
  • Ketika kita budidaya lele agar cepat panen tentunya kita harus mengetahui teknik/ cara-cara yang harus di ketahui, agar dapat member keuntungan sesuai yang kita harapkan.

 

5 Tips Pembesaran Lele Agar Cepat Panen

1. Pemilihan bibit lele yang baik.

Pemilihan bibit lele yang baik menjadi kunci agar lele cepat dalam pertumbuhannya, serta benih lele yang berkwalitas, tidak cacat, dan tahan terhadap penyakit.

Menurut saya benih lele yang paling baik yaitu lele jenis mutiara, karena lele jenis mutiara ini kualitasnya sangat unggul dari jenis-jenis lele sebelumnya, pertumbuhannya lebih tinggi 10-40% dari jenis lele lain,toleransi lingkungan tinggi, dan FCR rendah.

Pemilihan benih lele sebaiknya memilih benih yang berukuran 5-7/6-8 cm, agar ikan lele cepat di panen sekitar 2 bulan.

2. Pilihlah pakan/pellet yang berprotein tinggi.

Pakan untuk ikan lele sebaiknya harus di perhatikan kadar proteinnya agar ikan lele cepat besar, kalau memang ada makanan tambahan untuk ikan lele yaitu bisa berupa ikan rucah, jeroan ayam dll.

3. Penjadwalan pemberian pakan.

Pemberian pakan pada lele kususnya untuk pembesaran asupan gizi harus terpenuhi. Dan juga pemberian pakan ini harus dilakukan 3-4 kali dalam sehari. Pada malam hari dalam pemberian pakan harus di tambah porsinya, karena pada saat malam hari ikan lele lebih aktif dan makanan yang dimakan lebih cepat untuk di serap oleh ikan lele.

4. Pemilihan kolam.

Untuk pembesaran menurut saya lebih cepat memakai kolam tanah, karena asupan oksigen terpenuhi serta banyak plankton yang bisa di makan oleh lele. Untuk ukuran kolam bisa di sesuaikan dengan jumlah ikan.

5. Gunakan aerator.

Aerator ini sangat berperan dalam pemeliharaan ikan lele, semakin banyak ikannya dan semakin besar maka asupan oksigenpun sangat di butuhkan, agar ikan tidak berebut oksigen.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia