Image


22FEB

Amonia Dan Nitrit Pada Manajemen Air Kolam

Amonia atau Amoniak

Efek amonia pada ikan kurang dipahami, namun ada bukti bahwa tingkat sublethal merugikan mempengaruhi ikan. Permasalah tentang amonia akan sangat berdampak jika di amati pada kolam lele yang terbuat dari terpal ataupun tembok. Pada kolam lele yang terbuat dari tanah, amonia dapat diurai oleh endut lumpur yang ada di dasar kolam. Amonia yang terionisasi (NH3) jauh lebih beracun bagi ikan dari amonia terionisasi (NH4+)

Peningkatan amonia didalam air, biasanya meningkat seiring dengan perubahan kadar pH pada air. Maka dapat disimpulkan bahwa, kandungan amonia tergantung pada pH.  Onsentrasi serendah 1,5 amonia ppm telah dinyatakan beracun bagi ikan lele. Amonia terakumulasi dalam air melalui ekskresi oleh ikan dan dapat terbentuk dari pembusukan kotoran ikan, sisa pakan, atau ikan yang mati. Sebagian besar nitrogen diekskresikan oleh ikan dalam bentuk amonia. Kandungan amonia yang meningkat dalam air kolam biasanya akan diikuti dengan kondisi yang menyebabkan penipisan oksigen terlarut pada air kolam. Sebaiknya anda memiliki alat untuk mengukur kada pH air atau kadar amonia yang terkandung dalam air. Alat pengukur ini biasanya dijual di toko - toko perlengkapan memancing atau di toko perikanan.


Nitrit

Kandungan nitrit pada ikan bisa juga disebut penyakit darah coklat. Ikan yang terkena kandungan nitrit memiliki warna darah seperti susu coklat. Karena nitrit mengganggu oksigen diserap oleh hemoglobin darah, gejala ikan lele yang terkena racun nitrit sangat mirip dengan gejala akibat penipisan oksigen. Namun, ikan cenderung dapat menunjukkan gejala kapan saja sewaktu - waktu tanpa adanya tanda tanda penyakit, tidak seperti penipisan oksigen di mana gejala kemungkinan besar karena amonia atau kontak sinar matahari secara langsung dan terlalu berlebih.

Di kolam lele yang dikelola secara intensif, tingkat nitrit harus diperiksa setiap dua atau tiga hari sekali demi kesuksesan budidaya ikan lele. Jika nitrit terdeteksi, air harus segera dianalisa dan ditanangani. Gejala dan efek kandungan nitrit dapat terjadi dicegah atau dikendalikan dengan menambahkan garam (natrium klorida) ke kolam dengan harga yang disarankan.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia