Image


27FEB

Baca Tips Ini Jika Anda Ingin Memulai Bisnis Pemancingan Ikan

Memancing adalah hobi, rekreasi dan olahraga. Banyak sisi positif dari kolam pemancingan apabila dikelola dengan baik dan benar, akan tetapi dimana ada peluang pasti disitu ada tantangannya.

Memancing ikan yang biasanya dilakukan di sungai, ternyata sekarang banyak dilakukan dikolam kolam pemancingan. Memancing ikan biasanya menjadi hobi tersendiri bagi laki-laki, hanya untuk sekedar mencari hiburan, sebagai obat menghilangkan kepenatan setelah seminggu bekrja dan lain sebagainya.

Pengelolaan bisnis kolam pemancingan ini seharusnya di kelola dengan profesional dan juga modern dengan berbagai fasilitas yang memadai. Sehingga bisnis usaha kolam pemancingan ini dapat di wariskan ke anak keturunan kita.

Kolam pemancingan semakin hari ternyata semakin banyak inovasi, mulai dari kolam pemancingan umum, kolam pemancingan keluarga dll. Oleh karena itu usaha pemancingan ikan lele menjadi salah satu aspek bisnis yang cukup menjanjikan.

Usaha pemancingan semakin hari ternyata semakin diminati oleh masyarakat, karena melihat prospek yang dihasilkan cukup menjanjikan, pengelolaannya mudah dan juga sederhana.

Harga ikan lele yang biasanya di beli dari petani ikan lele perkilo hanya 15 ribu, sedangkan dikolam pemancingan harga ikan lele perkilo bisa mencapai 20 ribu perkilo. Disini akan kami jelaskan cara memulai bisnis kolam pemancingan.

Cara memulai bisnis pemancingan ikan lele:

1. Tentukan lokasi kolam yang dijadikan tempat pemancingan

Tempat kolam pemancingan ini merupakan syarat utama yang harus di siapakan, siapkan kolam yang beukuran cukup lebar dan luas yang nantinya digunakan sebagai tempat pemancingan.

Tempat pemancingan yang digunakan merupakan tempat yang startegis.
Usahakan tempat yang tidak mengganggu masyarakat sekitar. Selain itu, anda harus mempertimbangan sumber air dan pembuangan air. Sumber air yang bagus akan membuat ikan dikolam sehat, jika ikan sehat maka pemancing akan sangat tertarik.

2. Pembuatan kolam pemancingan

Pembauatan kolam diawali dengan membersihkan lokasi dan lahan
Kolam berbentuk persegi memanjang.

Sediakan 2 kolam, kolam yang satunya sebagai tempat tendon stok ikan lele yang belum di pancingkan, yang satunya sebagai tempat pemancingan ikan lele.

3. Pemeliharaan kolam usaha pemancingan

Lakukan pembersihan kolam secara berkala. Pemberian pakan pada ikan lele secara terjadwal supaya ikan lele tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar.

 

Jenis-jenis pemancingan yang popular di Indonesia

1. kolam pemancingan harian

Kolam pemancingan harian ini dapat dikunjungi digunakan sewaktu-waktu oleh pemancing. Pengelola kolam biasanya menebar ikan dengan jadwal yang pasti. Biasanya dalam sehari penebaran dilakukan 3 kali pada pagi, siang dan malam hari. 

Pengunjung yang ingin memancing, dapat datang kapan saja dia mau. Dengan membayar sejumlah uang, kemudian ia bebas memancing tanpa dibatasi waktu.

2. Kolam pancingan kiloan

Kolam pancingan kiloan ini mempunyai system bayar berdasarkan berat ikan yang dipelolehnya. 

3. Kolam pancing galatama

Kolam pancing galatama ini dengan system galatama, system galatama ini lebih condong seperti perlombaan, dimana ada aturan yang diterapkan seperti lamanya waktu pemancingan.

4. Kolam pancingan borongan

Ini biasanya dilakukan di kolam yang bukan tempat pemancingan. Petani ikan mungkin lebih tertarik untuk menawarkan ikan yang telah dirawatnya kepada pemancing. 

Ikan didalam kolam akan di prediksi oleh pemancing, dihitung berdasarkan jumlah bibit yang dulu ditebar, dan lamanya perawatan didalam kolam. Jika terjadi kesepakatan antara pemancing dan petani, maka pemancing akan memulai memancing dikolam. 

Waktu dalam permainan pancingan borongan ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pemilik kolam dan pemancing. Namun biasanya, waktunya dibatasi selama 24 jam atau satu hari. Jika sudah berganti hari, maka pemancing dikenakan biaya tambahan jika ingin tetap memancing.

 

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia