Image


26FEB

Bisnis Lele Menguntungkan Itu Pada Segmen Pendederan

Budidaya atau ternak lele ternyata menyenagkan dan menguntungkan, hal ini merupakan salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Dimana lele merupakan salah satu ikan yang paling banyak diminati. Menekuni bisnis ikan lele sebenarnya tidaklah terlalu sulit, karena ikan lele mudah di dapatkan, mudah di pasarkan, dan mudah dalam perawatan.

Bagi anda yang pemula iangin terjun di bisnis lele, sebaiknya memilih pendederan/pembesaran.

Pendederan Ikan Lele

Pendederan yaitu memeliara ikan lele dari benih yang dipelihara sampai waktu yang di tentukan sehingga mencapai ukuran tertentu dan siap untuk di perjual belikan.

Di dalam pendederan ini tidak terlalu sulit untuk di pelajari, berbeda dengan proses pemijahan bagi pemula pasti mengalami kesulitan. Pendederan ini bisa dilakukan bagi pemula, pendederan bisa dilakukan di kolam terpal, kolam tanah, kolam tembok.

Akan tetapi yang paling aman yaitu dengan kolam terpal atau kolam tanah sebenarnya juga bisa, asalkan menggunakan jaring/ tanjar, sehingga benih ikan lebih mudah saat pemanenan dan lebih aman dari gangguan hama.

Pendederan bisa di kolam terpal yang berukuran 2x3 meter, dengan tebar benih lele ukuran 2-3 cm/ 4-6 cm sebanyak 3 ribu ekor. Ketika pendederan di dalam kolam terpal sebaiknya menggunakan aerator, sehingga asupan oksigen dapat terpenuhi, dan kita bisa melakukan tebar padat.

Pendederan ini lebih cepat dalam perputaran keuangannya, di bandingkan dengan proses pembesaran, menurut pengalaman saya, pendederan ini hanya di lakukan kurang lebih 21 hari , dan benih ikan lele sudah bisa di jual,dan tentunya harus melewati proses penyortiran sesuai dengan ukuran ikannya.

Semisal kita mengisi kolam dengan jumlah ikan 3 ribu ekor dengan ukuran 4-6 cm, kemudian kita besarkan kurang lebih 21 hari sampai benih ikan lele mencapai ukuran 7-9cm. Setelah ikan berukuran 7-9 cm ini kita bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi,dan tentunya lebih cepat dalam proses perputaran uangnya.

Berbeda dengan pembesaran, pembesaran ikan lele sangat memakan banyak waktu sampai 2,5 – 3 bulan untuk pemanenan, dan semakin banyak memerlukan pakan, hal ini bisa mengalami kerugian bagi pembudidaya ikan lele yang tidak bisa memenejemn pakan dan tidak mempunyai pakan alternatif lainnya yang hanya bergantung dengan pakan buatan pabrik saja.

Bisnis pendederan ini lebih menguntungkan, lebih hemat pakan, dan cepat untuk dipanen. Silahkan untuk mencoba.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia