Image


25FEB

Cacing Sutra Untuk Benih Lele

Cacing sutra atau tubifex, adalah cacing yang berbentuk seperti rambut, dengan ukuran yang sangat kecil dan halus dari cacing yang lainnya, cacing sutra ini hidup bergerombol, cacing sutra memiliki warna merah kecoklatan serta ada yang warna coklat muda. Jika di lihat sepintas, didalam air cacing sutra seperti handuk berwarna merah muda.

Cacing sutra kita bisa temukan di selokan-selokan yang tercampur limbah rumah tangga, limbah hewan, atau limbah ampas tahu yang disitu aliran airnya tidak begitu deras.

Cacing sutra di manfaatkan bagi para pembudidaya ikan, sebagai pakan utama untuk larva lele yang baru menetas, ada banyak kandungan zat gizi yang terdapat di cacing sutra, sehingga larva lele akan cepat besar di bandingkan dengan larva lele yang tidak diberi pakan cacing sutra.

Cacing sutra ini di berikan pada larva lele yang baru menetas pada hari ke 4, karena pada hari ke 2-3 larva lele tidak memerlukan pakan, karena cadangan makanan kuning telur yang menempel di badan ikan itu masih ada.
Kita bisa memberikan cacing sutra ini pada saat hari ke 4, dan di pastikan juga si larva lele ini apakah masih ada cadangan mkanannya, atau sudah habis, dan biasannya larva lele ini yang sudah lapar ditandai dengan warna yang semakin hitam.

Pemberian cacing sutra ini sebaiknya dilakukan sampai umur 25 hari. Pemberian pakan hingga 25 hari beralsan untuk memenuhi gizi benih ikan lele, sehingga nantinya ikan lele memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Pada saat pemberian cacing sutra ini, sebaiknya cacing sutra di taruh di ember dan di kasih air, lalu diaduk aduk agar cacing sutra ini tidak menggumpal, dan kita bisa kasihkan ke larva lele dengan merata.

Pastikan semua larva lele dapat menjangkau dan memakan cacing sutra ini, pemberian cacing sutra bisa dilakukan pagi dan sore hari.
Ketika larva lele baru dikasih pakan cacing sutra ini biasanya tidak begitu banyak, kurang lebih 1 gelas sudah cukup, akan tetapi pada saat umur larva lele berumur 6 hari dan seterusnya, porsi pemberian cacing sutra ini lebih banyak, bisa sampai 7 gelas per hari.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia