Image


22MEI

Cara Membuat Air Kolam Berwarna Hijau

Air kolam berwarna hijau muda dan tetap jernih merupakan pemandangan yang menyenangkan bagi para pembudidaya ikan lele. Selain enak dipandang, air kolam berwarna hijau muda dan tetap jernih merupakan pertanda bahwa kualitas air dalam kondisi baik.

Kualitas air sering diabaikan dalam pengelolaan kolam, dan kualitas air yang buruk dapat menyebabkan masalah umum, misalnya jumlah alga yang berlebihan, pertumbuhan tanaman yang berlebihan, bau tidak sedap, atau ikan yang mati dan sekarat.

Perubahan warna yang terjadi memang selalu terjadi pada air kolam. Perubahan yang saya amati pertama kali untuk kolam terpal umumnya dari jernih menjadi kehijauan. warna ini menjadi indikator bahwa air kolam siap untuk ditebari benih karena telah terkandung mikro organisme dan oksigen yang dapat menjaga bibit lele tetap sehat.

Air yang berwarna hijau ini bisa mensuplai oksigen yang di hasilkan dari fotosintesa yang bisa membantu kelangsungan bibit atau benih ikan lele. Jika air masih jernih, maka menandakan kolam belum memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk kesehatan bibit lele

Salah satu Penyebab utama air kolam menjadi hijau adalah alga. Biasanya, kolam yang paling gampang ditumbuhi alga yaitu kolam yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Paparan sinar matahari tersebut dapat memberikan alga kesempatan untuk berfotosintesis dan terus tumbuh.

Pythoplankton merupakan spesies alga yang sering berada pada kolam dengan kondisi begitu.

Sering kita temui keluhan dari para pembudidaya pemula, mereka tidak bisa membuat air di dalam kolam berubah warna menjadi hijau, hal tersebut tentu ada sebabnya. Kita memerlukan kesabaran untuk menunggu air kolam berubah menjadi warna hijau, dengan melalui cara-cara kusus agar air dapat berubah menjadi hijau dan memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk kesehatan bibit lele.

Jika kita memaksa untuk menebar bibit lele kedalam kolam yang belum berwarna hijau, maka riskan dan kematian pada bibit atau benih lele, atau bahkan bibit ikan lele tidak dapat tumbuh dengan maksimal

Berikut cara-cara untuk membuat air kolam menjadi berwarna hijau:

  1. Siapkan air di kolam, hindari menggunakan air yang berasal dari PAM, lalu kita diamkan air tersebut sampai 2 atau 3 hari.
  2. Lakukan pemupukan dengan cara memasukkan pupuk kendang sebanyak 0.5/m3. Untuk pupuk kendang tersebut sebaiknya di masukkan atau di bungkus di dalam karung,  lalu diamkan kurang lebih selama 1-2 minggu. Lalu bisa langsung diiakat dan dikambangka air dalam kolam budidaya, dan bisa ditambah gedebog pisang dan rerumputan kedalam karung yang bersi kotoran kandang ini.
  3. Tambahkan probiotik kedalam air kolam, probiotik, seperti EM4 ini bisa di beli di toko toko terdekat. EM4 ini salah satu cairan yang mengandung mikroorganisme serta bahan organic di dalamnya. Bakteri di dalam Em4 ini sangat menguntungkan, dapat mengurai sisa mkanan, kotoran menjadi senyawa organik yang menguntungkan, meningkatkan mutu air kolam. Salah satu bakterinya yaitu lactobacillus, bakteri fotosinetis, Actinomicetes.
  4. Memberikan kapur Dolomit pada kolam.
  5. Pastikan kolam yang anda buat mendapatkan suplai sinar matahari yang cukup, karena sinar matahari sangat berpengaruh terhadap air pada kolam.
  6. Berikan pupuk kendang kedalam kolam, pupuk kendang dimasukkan kedalam karung kemudian cemplungkan kedalam kolam. Angkat pupuk kendang tersebut setelah 1-2 minggu, dan kita bisa melihat hasilnya, air kolam berubah warna menjadi hijau, dan akan muncul jentik-jentik di dalam air kolam yang bisa menjadi salah satu pakan alami untuk benih ikan lele di saat kita tebar pertama kali.
  7. Jika air dalam kolam sudah berwarna hijau, maka kolam sudah siap untuk dijadikan tempat budidaya dan siap untuk ditebar benih, perlu perawatan tiap hari agar air pada kolam stabil berwarna hijau.

Untuk teman-teman pembudidaya, diharapkan jangan mengabaikan pengelolaan air kolam karena air kolam merupakan faktor penting dalam menentukan kesuksesan budidaya lele. Selamat mencoba ya, semoga berhasil.

 

Baca juga, Mengenal amoniak dan nitrit pada manajemen air kolam

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia