Image


26FEB

Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

Saat melakukan budidaya lele, entah itu menggunakan kolam beton, terpal ataupun tanah, setelah beberapa bulan pastinya akan mengeluarkan bau yang tidak enak. Bau yang di timbulkan dari kolam lele yang tidak diganti airnya yang terlalu lama bisa menimbulkan dampak pada lingkungan pemukiman warga sekitar kolam.

Hal tersebut juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi ikan lele,menyebabkan ikan lele lebih cepat terserang penyakit, menurunya nafsu makan ikan lele, bahkan bisa menyebabkan kematian pada ikan lele.

Penyebab bau kolam lele

Ada beberapa sebab yang menjadikan timbulnya bau pada kolam ikan lele, yang sering kali para pembudidaya kurang memperhatikan akan kondisi tersebut, dan seringkali menganggpnya dengan enteng, padahal hal tersebut sangat menganggu.

Disini akan saya jelaskan penyebabnya diantaranya:
Gagalnya fermentasi Air yang tidak menghasilkan probiotik pada kolam, hal tersebut menimbulkan mikro organisme (zooplankton, fithoplankton) mati.

  • Pemberian pakan yang berlebihan sehingga sisa makanan membusuk, hal tersebut menjadikan menumpuknya amoniak di dasar kolam.
  • Barangkali ikan yang tidak cepat di buang, dan seringkali bangkai ikan yang ada di dasar kolam yang tidak terkontrol, sehingga mencemari air kolam menjadi pemicu timbulnya bau.

 

Tips menghilangkan bau pada kolam

Langkah langkah yang harus dilakukan agar kolam lele tidak berbau yaitu:

  • Berilah pakan secukupnya saja, jangan sampai tersisa.
  • Memakai probiotik, probiotik ini mempunyai peran untuk menguraikan sisa kotoran / pakan yang mengendap di dasar kolam, sehingga air kolam dapat terjaga, tidak cepat menimbulkan bau.
  • Penggantian air kolam, pergantian air dilakukan secara berkala, dan jangan sampai melakukan pergantian air dikala sudah kondisi air sudah parah, hal tersebut membuat kesulitan dan terlalu banyak membuang air.
  • Mengganti air jangan sampai dilakukan ketika air kolam sudah kental dan hijau pekat, gantilah sekiranya air sudah berubah warna hijau pekat. Bisa dilakukan 2 minggu sekali, ketika penggantian air dilkukan secara berkala, sehingga kita hanya membuang 30-50% saja air nya, dan tinggal menambahkan volume air.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia