Image


26FEB

Fengli, Pakan Benih Lele Setelah Cacing Sutra

Setelah kita tahu bahwa larva lele kita beri pakan berupa cacing sutra, maka kali ini memasuki tahapan yang kedua. Pemberian pakan pada larva lele ini berubah menjadi fengli, sudah bukan lagi cacing sutra. Hal ini dilakukan karena untuk menekan biyaya pengeluaran untuk pakan lele.

Jika kita masih menggunakan cacing sutra pada umur 21 hari keatas, mungkin itu akan sangat baik bagi benih ikan lele karena kandungan potein yang sangat tinggi. Tetapi tentu saja itu akan membengkak biaya karena harga cacing sutra relatif lebih mahal dibanding fengli.

Fengli merupakan pakan yang biasa digunakan oleh pembudidaya untuk benih lele yang berumur 21-30 hari. Fengli berbentuk seperti tepung,  untuk pakan benih lele yang berumur 21 hari ini di berikan pakan berupa fengli 1, karena fengli 1 ini tidak langsung larut dalam air, berbeda dengan fengli 0 yang mudah larut dalam air, sehingga mudah untuk merusak air di dalamkolam.

Pada tahap transisi dari pakan cacing sutra menuju pelet fengli, kita harus berhati-hati, karena benih ikan lele harus menyesuaikan terhadap pakan. Kematian yang berjumlah banyak pada benih lele biasanya terjadi pada saat seperti ini.

Pemberian pakan berupa fengli 1 ini dilakukan dengan cara di tabur di atas daun pisang, jadi kita siapkan terlebih dahulu daun pisang yang di taruh di dalam kolam ikan, baru kita tabur fengli di atasnya, dan di pastikan posisi daun pisang tersebut agak terendam air, sehingga benih lele akan naik ke atas daun pisang untuk memakan fengli.

Pada saat pemberian pakan fengli ini kita harus benar-benar memperhatikan kondisi ikan lele, apakah benih lele tersebut sudah kenyang/ ada yang belum memakannya, karena pada saat pemberian fengli ini ternyata lebih dan ada yang tidak dimakan, maka hal ini bisa merusak kondisi air kolam yang menyebabkan amoniak didasar kolam, sehingga air kolam menjadi keruh dan cepat berbau.

Pemberian fengli ini bisa dilakukan 3 kali sehari pada pagi , sore dan malam hari. Anda juga bisa melarutkan fengli dengan sedikit air panas, jangan sampai encer. Lalu diamkan sampai dingin, kemudian fengli siap di berikan ke benih ikan ele.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia