Image


22JAN

Jenis Dan Teknik Pemijahan Lele

Pemijahan adalah proses pembuahan telur lele betina oleh sperma lele jantan. Induk yang telah matang gonad berarti telah siap melakukan pemijahan. Proses pemijahan dapat berlangsung secara alami, semi alami dan bantuan. Menurut Sunarma (2004), Pemijahan ikan lele dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu :

  1. Pemijahan alami

Pemijahan induk lele secara alami dilakukan dengan cara memilih induk jantan dan betina yang benar-benar matang gonad kemudian dipijahkan secara alami di bak/wadah pemijahan dengan pemberian kakaban. Bagi yang belum memahami ciri – ciri induk lele yang siap pijah, kamu dapat membaca artikel sebelumnya yang membahas tentang ciri – ciri induk siap pijah. Pemijahan alami menggunakan induk betina dan jantan dengan perbandingan jumlah 1 : 1. Bila induk betina atau jantan lebih berat dibanding lawannya, dapat digunakan perbandingan jumlah 1 : 2 yang dilakukan secara bertahap. Perlu diketahui, jika kita menggunakan perbandingan 1:2 atau lebih, kita harus mewaspadainya karena apabila sedang terjadi pembuahan pada indukan jantan dan betina, indukan yang lain dapat memakan telur – telur yang telah dikeluarkan.

  1. Pemijahan semi alami

Pemijahan lele semi alami dilakukan dengan cara merangsang induk betina dengan penyuntikan hormon perangsang kemudian dipijahkan secara alami. Pemijahan semi alami menggunakan induk betina dan jantan dengan perbandingan jumlah 1 : 1. Bila induk betina atau jantan lebih berat dibanding lawannya, dapat digunakan perbandingan jumlah 1 : 2 yang dilakukan secara bertahap.

  1. Pemijahan buatan

Pemijahan buatan dilakukan dengan cara merangsang induk betina dengan penyuntikan hormon perangsang kemudian dipijahkan secara buatan. Pemijahan buatan menggunakan induk betina dan jantan dengan perbandingan berat 3 : 0,7 (telur dari 3 kg induk betina dapat dibuahi dengan sperma dari jantan berat 0,7 kg).

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia