Image


23JAN

Kakaban Untuk Pemijahan Lele

Pemijahan adalah proses pertemuan induk jantan dan betina untuk mengeluarkan sel telur dan sel sperma. Dalam prosesnya tersebut, telur betina yang dikeluarkan ditempelkan disebuah media yang disebut kakaban. Kakaban sangat diperlukan untuk memaksimalkan hasil pemijahan. Dari pengalaman, saya pernah melakukan pemijahan yang terjadi tanpa senagaja dan tidak menggunakan media kakaban. Pemijahan bisa saja terjadi, tetapi hasil pemijahan tersebut tidak maksimal.

Kakaban adalah sebuah alat yang dibuat sebagai media menempelnya telur lele saat proses pemijahan. Banyak pembudidaya yang membuat kakaban dari bahan serabut kelapa, ijuk, jaring paranet, atau bahkan jaring waring. Secara umum, kita dapat menggunakan media lain untuk tempat menempelnya telur saat melakukan pemijahan. Media yang akan kita gunakan sebagai media kakaban, dianjurkan berbahan yang kasar sehingga induk lele tidak kesulitan saat proses mengeluarkan telur dan menempel pada media tersebut.

Kakaban digunakan sebagai media pemijahan ikan lele dengan teknik alami. Pada pemijahan dengan teknik alami, diharapkan kamu memahami dulu artikel sebelumnya tentang persiapan kolam pemijahan, hingga ciri – ciri indukan lele yang matang atau sering disebut gonad.

Induk lele yang sedang dipijahkan, cenderung lebih menyukai warna yang gelap untuk menempelkan telurnya, maka buatlah kakaban dengan bahan yang berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Untuk penerapannya, kamu dapat membuat kakaban dengan ukuran yang kecil ataupun besar. Diharapkan kolam yang akan digunakan untuk pemijahan ditutupi penuh dengan kakaban di dasar kolamnya, namun jika kamu kesulitan mendapatkan atau membuat kakaban, kamu dapat menutupi dasar kolam pemijahan hanya dengan 25% dengan kakaban.

Selain berfungsi sebagai tempat meletakan telur, kakaban juga membantu memberikan rangsangan kepada sepasang indukan untuk memulai perkawinan atau pemijahan. Jika tidak menggunakan kakaban, indukan ikan lele sering kali tidak mau mengeluarkan telurnya meskipun telah memasuki masa matang atau gonad. Untuk indukan yang sudah sangat matang atau gonad, mungkin saja bisa terjadi pemijahan meskipun tanpa kakaban tetapi perlu diketahui mungkin indukan tersebut terpaksa mengeluarkan telurnya karena saking matangnya.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia