Image


18JAN

Kolam Yang Tepat Untuk Pembenihan Ikan Lele

Setelah kita membahas tentang lahan dan lokasi kolam yang baik untuk budidaya ikan lele, kini kita akan membahas mengenai kolam yang tepat untuk pembenihan ikan lele. Dalam menentukan jenis kolam yang akan kita gunakan, tentu saja kita harus mempertimbangkan dari berbagai sisi seperti kekuatan ekonomi dan efektifitas kolam. Berdasarkan pengalaman yang telah kami dapat, ada beberapa jenis kolam yang baik dan tepat untuk pembenihan ikan lele.

Kolam yang baik untuk pembenihan seperti dibawah ini:

  • Kolam Terpal

Belakangan ini, kolam terpal merupakan pilihan yang banyak diminati oleh masyarakat untuk melakukan budidaya ikan lele baik pada tahap pembenihan, pendederan, maupun pembesaran. Namun berdasarkan pengalaman yang kami dapat, kolam terpal paling cocok digunakan untuk pembenihan dan pendederan saja. Jika pembesaran kolam lele, lebih baik dilakukan di kolam tanah.

Adapun beberapa keunggulan kolam terpal dibandingkan dengan kolam lain sebagai media untuk pembenihan antara lain:

  • Proses pembuatan kolam lebih cepat

Kolam terpal merupakan kolam yang lebih instan dan tidak ribet digunakan sebagai pembenihan ikan lele. Proses pembuatan kolam terpal relatif lebih singkat dan dapat cepat digunakan.

  • Tidak membutuhkan banyak lahan

Kolam terpal untuk lele tidak memakan banyak lahan sehingga sangat simpel digunakan oleh para pemula yang ingin melakukan pembenihan ikan lele. Anda dapat membuat kolam terpal di pekarangan rumah, kebun, atau di sisa lahan yang sempit sekalipun.

  • Biaya murah

Selain bisa memanfaatkan lahan sempit, pembenihan ikan lele menggunakan kolam terpal memang dibilang jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan kolam tanah atau pun kolam tembok. Anda hanya membutuhkan beberapa bambu atau bahan lain dan terpal.

  • Mudah melakukan kontrol atau pengawasan

Salah satu alasan mengapa proses pembenihan ikan lele dianjurkan menggunakan kolam terpal adalah mudahnya melakukan kontrol atau pengawasan pada kolam, baik pada air maupun perkembangan benih ikan lele. Dengan pengawasan tersebut maka kita dapat menentukan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya.

 

  • Kolam Tembok atau Beton

Dalam pembenihan ikan lele, kolam tembok atau beton dapat juga digunakan dengan catatan, kolam tembok atau beton tersebut sudah dinetralisir dengan cara pengeringan selama 7 hari atau dengan pengapuran. Ketinggian air pada kolam beton harus sangat diperhatikan ketika proses pembenihan, jangan terlalu dalam. Meskipun secara praktik kolam ini dapat digunakan sebagai media pembenihan ikan lele, namun pastinya kolam beton akan membutuhkan biaya lebih besar dibandingkan menggunakan kolam terpal.

Adapun keunggulan penggunaan kolam tembok atau kolam beton sebagai media pembenihan ikan lele adalah:

  • Kolam awet dan tahan lama, sehingga tidak memerlukan pergantian kolam secara periodic
  • Lebih mudah dalam pengaturan suhu dan temperature air.

 

  • Kolam Fiber

Selain kolam terpal atau plastic, kolam fiber juga merupakan salah satu pilihan yang saat ini banyak diminati untuk media pembenihan ikan lele. Keunggulan menggunakan kolam fiber adalah kolam ini relatif lebih awet, selain itu kolam ini juga dapat dengan mudah dipindah – pindah sesuai keinginan. Dengan kolam fiber, kita dapat dengan mudah melakukan pengawasan. Desain yang cantik dan menarik serta memiliki berbagai pilihan warna, membuat kolam fiber semakin diminati oleh masyarakat untuk pembenihan ikan lele.

 

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia