Image


23FEB

Lele Sangkuriang Dan Ciri Cirinya

Lele sangkuriang sangat populer dalam pembudidayaan lele. Baik pemijahan , pembesaran dan perawatan indukan serta perawatan benih lele sangkuriang.

Keunggulan Lele Sangkuriang

Keunggulan lele sangkuriang yang membuat di minati oleh pembudidaya diantaranya:

  • Bisa di pijahkan dalam sepanjang tahun.
  • Lele sangkuriang menghasilkan frekuensi dan kuantitas telur yang lebih banyak. Bahkan hasil telur dengan sangat cepat bisa berkembang Biak.
  • Lele sangkuriang dapat hidup di dalam air dengan kondisi yang minim, bahkan dengan air yang sedikit lele sangkuriang masih bisa bertahan hidup.
  • Lele sangkuriang tidak terlalu banyak memerlukan pakan.
  • Lele sangkuriang aktif dimalam hari , di siang hari lele sangkuriang lebih suka berdiam diri.

Itulah sebagian keunggulan dari lele sangkuriang dan masih banyak keunggulan lain yang membuat lele sangkuriang sangat digemari oleh sebagian besar pembudidaya ikan lele. Pada dasarnya lele sangkuriang sama dengan jenis lele dumbo, namun dengan perhitungan keturunan indukannya membuat lele sangkuriang lebih mempunyai keunggulan di beberapa faktor dibanding lele dumbo.

Ciri Fisik Lele Sangkuriang

Banyak orang maupun pembudidaya sangat kesulitan dalam membedakan ciri-ciri lele dumbo, sangkuriang, masamo, phyton, maupun mutiara. Ya, memang sekilas jika kita melihat itu akan seperti sama dan sangat sulit dibedakan. Tetapi jika kita melihat secara seksama dan jeli, mereka masih memiliki ciri fisik yang dapat dibedakan. Adapun ciri-ciri lele sangkuriang seperti dibawah ini:

  • Tubuh lele sangkuriang lebih panjang dibanding lele dumbo, namun tidak lebih panjang dibanding lele mutiara. Panjang pendeknya tubuh lele sangkuriang dapat dilihat dari membandingkan badan dengan kepalanya.
  • Lele sangkuriang memiliki warna kulit yang lebih gelap dari lele dumbo, namun lebih terang dari lele mutiara. Jika lelel ini stres, maka bercak putih dan hitam akan sangat terlihat.
  • Bentuk kepala lebih gepeng dibandingkan dengan lele dumbo, memiliki ukuran mulut yang lebih lebar pula.
  • Ukuran kepala sangkuriang lebih panjang dibanding kepala lele jenis lain, ukuran kepala lele sangkuriang sepertiga dari badan atau tubuhnya.
  • Lele sangkuriang mempunyai tiga buah sirip tunggal dan satu sirip berpasangan.

 

Lele sangkuriang diperkenalkan di Indonesia sejak beberapa puluh tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1980-an.

Lele ini merupakan gebrakan dari lele lokal yang semula tidak memiliki keunggulan-keunggulan. Dengan diperkenalkannya lele sangkuriang maka menjawab kebutuhan lele yang berkualitas.

Karena lele sangkuriang memiliki banyak keunggulan dan sudah dikenal oleh masyarakat dengan baik membuat popularitas dari lele lokal menjadi meredup dan tergantikan dengan lele sangkuriang . Dari tahun ke tahun hingga lele sangkuriang  menempati peringkat teratas dari tingkatan ikan yang paling populer.

Karena lele dumbo kualitasnya semakin menurun membuat popularitasnya juga semakin menurun. Akibatnya banyak orang yang prihatin dengan keadaan ini dan mulai memperbaiki kualitas lele dumbo dengan cara mengawin slangkan lele dumbo dengan lele jenis lainnya yang tentunya lebih banyak keunggulan dari pada kelemahannya.

Lantas, bagaimanakah ciri-ciri fisik dari lele sangkuriang dan terletak pada bagian manakah yang berbeda dari jenis lele lainnya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah uraian di bawah ini.

Ciri kepala lele Sangkuriang

Untuk mengetahui apakah itu adalah lele sangkuriang kita dapat melihatnya melalui kepala lele tersebut. Ciri-ciri dari kepala lele sangkuriang adalah berbentuk pipih ke bawah. Bisa dikatakan bahwa kepala lele sangkuriang lebih panjang dibandingkan dengan panjang badannya. Jika diperkirakan, panjang kepala dari lele sangkuriang adalah sepertiga dari panjang tubuhnya.

Berbeda dengan lele pada umumnya yang panjang kepalanya lebih pendek sekitar seperempat dari tubuhnya. Seperti lele pada umumnya, kepala pada lele sangkuriang ini terdapat tulang pelat yang cukup keras. Di dalam kepala inilah lele sangkuriang bernapas. Di bagian sebelah mulutnya terdapat beberapa sungut.

Sungut tersebut terdiri dari sungut nasal yang terdiri dari dua jenis,

  • sungut maxilar yang terdiri dari dua jenis,
  • sungut bulat dalam yang terdiri dari dua jenis, sungut mandi bular luar yang terdiri dari dua jenis.


Ciri tubuh badan lele Sangkuriang

Jika dilihat lebih detail dan seksama, bentuk badan dari lele sangkuriang dengan bentuk badan dari jenis lele lainnya sangat berbeda.

Ciri-ciri dari badan lele sangkuriang adalah pada bagian tengah badan lele tersebut membulat namun pada bagian ujung badannya cenderung pipih kesamping Lele sangkuriang tidak memiliki sisik seperti lele pada umumnya. Karena tidak memiliki sisik, jadi badan dari lele sangkuriang ini cenderung lebih licin.

Untuk warna badan atau tubuhnya, lele sangkuriang ini memiliki warna khas suatu warna hitam kehijauan dan memiliki bintik-bintik yang menghiasi kulit lele sangkuriang tersebut.

Ciri sirip dan ekor lele sangkuriang

Sirip dan ekor lele sangkuriang hampir sama dengan lele dumbo jenis lainnya. Ciri-ciri dari sirip dan ekor lele sangkuriang adalah memiliki tiga buah sirip tunggal. Sirip tunggal tersebut terdiri dari sirip dubur, sirip penggung, serta sirip ekor.

Tidak hanya itu, lele sangkuriang juga memiliki sirip yang berpasangan. Sirip yang berpasangan tersebut terletak di sirip perut dan juga terletak di sirip dada.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia