Image


24FEB

Maggot Tentara Lalat Hitam (BSF) Sebagai Pakan Tambahan Ikan Lele

Mahalnya Harga pakan lele buatan pabrik, membuat pembudidaya ikan lele banyak yang mengeluhkan panen yang tidak maksimal, dan bahkan tidak untung, hal ini di sebabkan karena pembudidaya hanya mengandalkan pakan buatan pabrik.

Pakan alternatif untuk lele sebenarnya bayak, tapi kali ini saya aakan membahas mengenai maggot sebagai pakan alternatif pada lele. Maggot/ Black Soldier Fly (BSF), nama latinnya Hermetia illucens. Atau yang lebih di kenal di Indonesia belatung. Maggot ini tentunya tidak sembarang maggot, bukan dari telur lalat hijau, akan tetapi maggot yang di pakai yaitu dari lalat hitam, yang tubuhnya agak lebih Panjang dari lalat hijau. Karena lalat hitam ini tidak menimbulkan bau, dan tidak membawa penyakit.

Kandungan maggot BSF ini kaya akan nutrisi atau gizi, dengan protein sebanyak 40% sehingga sangat cocok untuk pakan alternatif.

 

Siklus hidup Maggot/ Tentara Lalat Hitam

  • Lalat hitam/black soldier fly dengan masa hidup 8-14 hari
  • Telur berumur 2-4 hari
  • Maggot berumur 2-3 minggu
  • Pupa/ kepompong 5-7 hari

Ada beberapa cara untuk bisa menghasilkan maggot, anda bisa menggunakan media bekatul atau campuran ampas tahu, hal ini dilakukan agar bisa menghasilkan olahan seperti pasta maggot, tepung maggot,pellet maggot.

 

Cara membuat maggot dengan mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. Dedak atau bekatul 2 Kg (Secukupnya)
  2. Ampas tahu
  3. Ember/ wadah
  4. Daun pisang kering/ potongan kardus ukuran Panjang 15 cm, lebar 5cm

 

Langkah-langkah budidaya maggot

  • Campurkan dedak/bekatul dan ampas tahu
  • Beri sedikit air dan di aduk-aduk
  • Taruh diatasnya daun pisang kering/ potongan kardus
  • Tempatkan di wadah/ tempat yang teduh dan tidak terkena hujan/ bisa di pekarangan rumah.

Setelah 2 hari kita cek, apakah ada telu-telur yang menempel pada daun pisang
Telur-telur yang menempel pada daun pisang kita ambil pelan pelan dengan di kerik, untuk di tetaskan di media bekatul yang kering

Siapkan nampan, lalu kasih bekatul kering dan sisa makanan seperti buah-buahan busuk/nasi dll. Telur-telur tersebut taruh di atas media tersebut dengan tutup botol / tempat apapun yang berbentuk kecil, sehingga telur tetap kering dan pada saat telur tersebut menetas akan turun dan mencari makanan, kita rawat maggot tersebut sampai 2 mingguan dengan tetap mengasih makanan sisa/buah/sayuran yang sudah tidak lagi dipakai.

Setelah 2 minggu atau 3 minggu kita bisa memanen maggot tersebut.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia