Image


24FEB

Membuat Pakan Alternatif Ikan Lele Dengan Dedak Atau Bekatul

Budi daya ikan lele merupakan hal yang tergolong mudah, dan lebih cepat untuk di panen. Ketika anda memilih untuk budidaya ikan lele untuk tujuan bisnis, maka disini perlu membuat pakan alternatif yang di buat sendiri, karena hal ini dapat menekan pengeluaran pakan pelet yang lumayan mahal dan semakin hari semakin mahal, sehingga para pembududaya ikan lele tidak selalu bergantung dengan pakan buatan pabrik yang lumayan mahal tersebut. Sehingga panenpun dengan hasil yang maksimal. Karena pakan merupakan kunci untuk menetukan kesuksesan dalam bisnis budidaya ikan lele.

Kalau kita jeli dan kreatif, sebenarnya pakan alternatif untuk pakan lele sangatlah banyak, salah satunya yaitu menggunakan bekatul/ dedak, dedak/ bekatul ini sudah terbukti mempercepat perkembangan budidaya ikan lele dengan panen yang maksimal, asalkan kita bisa mengolahnya dengan baik dana benar.

Kandungan serat yang tinggi pada bekatul ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan lele. Kalau kita bandingkan harga bekatul dengan pakan buatan pabrik sangat jauh berbeda harganya, harga bekatul itu kita bisa dapatkan dengan harga yang sangat murah, berkisar antara 3500-5000/ kg.

Disini akan kami jelaskan bagaiamana cara membuat pakan alternatif dari bekatul/ dedak.

Langkah-langkah yang harus di persiapkan yaitu:

  1. Bahan-bahan
  2. Bekatul/ dedak 5 kg
  3. Pellet ikan sebanyak 2,5 kg
  4. Garam dapur 2,5 kg
  5. Minyak sayur secukupnya
  6. Air bersih 5 liter

Cara membuat pakan alternatif dedak untuk lele:

  1. Langkah pertama, Setelah bahan sudah di siapkan, maka langkah selanjutnya yaitu mencampurkan semua bahan diatas seperti, dedak, pellet, garam dapur, minyak sayur, dan air bersih 5 liter.
  2. Aduk sema bahan sampai merata, tambahkan minyak secukupnya.
  3. Rebus lalu di rebus sampai berwarna kecoklatan tua, selama 30 menit.
  4. Diamkan selama satu malam
  5. Pakan siap diberikan untuk lele.

Dalam pemberian pakan alternative ini bisa dilakukan secara rutin 2 kali sehari, dan untuk hasil yang efektif, berikan pada saat malam hari, supaya pertumbuhan ikan lele lebih cepat besar.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia