Image


21FEB

Mengatasi Ikan Lele Menggantung

Dalam membudidayakan ikan lele salah satu masalah yakni benih ikan lele yang menggantung/berdiri dipermukaan air, atau jika dalam bahasa pembudidaya disebut ikan lele yang upacara. Dengan adanya masalah tersebut tentu saja membuat para pembudidaya lele menjadi pusing dengan adanya masalah tersebut. Karena tidak jarang ikan lele yang sudah menggantung dan terlihat sangat lemah akhirnya akan mati. Yang tak kalah membuat tambah pusing kepala pembudidaya ikan lele adalah banyak faktor atau banyak penyakit yang menjadi penyebab ikan lele menggantung, sehingga pembudidaya harus menganalisa terlebih dahulu penyakit apa yang diderita ikan lele sehingga menyebabkan ia menggantung dipermukaan.

Dalam pemilihan benih lele dengan kualitas baik merupakan sangat penting karena lele yang kita dapatkan kadang habis sembuh dari penyakit. Cara penyortiran yang kasar, benih lele yang dihasilkan dari perkawinan induk inbreeding “perkawinan sedarah” yang hal membuat atau mengakibatkan kualitas bibit tersebut menjadi buruk. Kadang pembudidaya lele mementingkan harga murah dibandingkan dengan kualitas lele. Maka dalam hal ini telitilah dalam membeli benih lele, tanyakan mengenai keadaan benih tersebut apakah benar-benar baik atau kurang baik.

Untuk cara mengatasi atau mengobati benih lele yang menggantung atau berdiri ialah dengan terlebih dahulu mengenali penyebabnya, apakah benih lele sedang sakit atau memang kualitas air yang sudah buruk.

Penyebab Lele Menggantung (Lele Upacara)

Yang sering menyebabkan lele menggantung atau berdiri diantara yaitu:

Benih lele terserang penyakit

Kebanyakan ikan lele yang menggantung disebabkan karena ikan lele menderita penyakit. Penyakit ini dapat meliputi penyakit kembung, kumis keriting, parasit atau penyakit lainnya.

Kualitas air kolam yang buruk.

Meskipun ikan lele tidak terkena penyakit, ikan lele bisa juga menggantung. Kualitas air yang kurang baik mungkin menyebabkan ikan lele tidak betah dan tidak nyaman, sehingga lebih memilih untuk diam dan menggantung.

Kadar pH air kolam tidak sesuai.

Kadar pH sangat penting untuk kesehatan ikan lele, jika kadar pH air tidak dijaga maka ikan lele yang menggantung semakin lama akan semakin lemah, selanjutnya akan mudah dan rentan terkena penyakit.

 

Cara Mengatasi Ikan Lele Menggantung

Jika kita bingung untuk mengidentifikasi penyakit yang diderita oleh ikan lele yang menggantung, maka ada beberapa cara dalam mengatasi bibit ikan lele yang menggantung atau berdiri yang diantaranya yaitu:

  • Puasakan lele remaja, untuk benih lele beri pakan sedikit saja.
  • Lakukan penyiponan “membersihkan kotoran yang ada di dasar kolam” supaya kualitas air menjadi bagus.
  • Kemudian pisahkan benih lele yang menggantung atau berdiri dengan lele yang masih terlihat sehat.
  • Geprak bawang putih kemudian berikan ke kolam lele yang menggantung.
    Taburkan garam di kolam lele.

 

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia