Image


23FEB

Mengenal Lebih Dekat Ikan Lele

Lele adalah salah satu jenis ikan air tawar, ciri ikan lele yang khas membuat ikan ini sangat mudah untuk dikenali. Di Indonesia, siapa yang tak kenal ikan lele?. Bahkan di semua penjuru belahan dunia mengenah jenis ikan ini. Seperti di Amerika Serikat, 5 tahun belakangan ini ikan lele di sana sangat populer dan menjadi bahan konsumsi sehari - hari. Semua orang mengenal ikan lele, hanya saja disetiap daerah dan wilayah memiliki nama yang berbeda - beda.

Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Lele secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah.

Nama lain ikan lele diantaranya:

  • Ikan kalang (Sumatera Barat),
  • Ikan maut (Gayo),
  • Ikan seungko (Aceh),
  • Ikan sibakut (Karo),
  • Ikan pintet (Kalimantan Selatan),
  • Ikan keling (Makassar),
  • Ikan cepi (Sulawesi Selatan),
  • Ikan lele atau lindi (Jawa Tengah)
  • Ikan keli (Malaysia),
  • Ikan 'keli' untuk lele yang tidak berpatil sedangkan disebut 'penang' untuk yang memiliki patil (Kalimantan Timur).

Di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), gura magura (Srilangka). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Nama ilmiahnya, Clarias, berasal dari bahasa Yunani chlaros, yang berarti ‘lincah’, ‘kuat’, merujuk pada kemampuannya untuk tetap hidup dan bergerak di luar air.

Habitan dan Tingkah Laku Ikan Lele

Lele tidak pernah ditemukan di air payau atau air asin, kecuali lele laut yang tergolong ke dalam marga dan suku yang berbeda (Ariidae). Habitatnya di sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Bahkan ikan lele bisa hidup pada air yang tercemar, misalkan di got-got dan selokan pembuangan.

Ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap. Di alam, ikan lele memijah pada musim penghujan. Walaupun biasanya lele lebih kecil daripada gurami umumnya,namun ada beberapa jenis lele yang bisa mencapai panjang 1-1,5 m dan beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kg,contohnya lele Wels dari Amerika.

Cara Lele Berkembangbiak di Alam Liar

Di alam lele biasa berkembang biak secara alami dengan pertemuan alami pula. Biasanya perkembangbiakan lele terjadi pada musim penghujan selain karena jumlah air di sungai melimpah biasanya pada musim penghujan juga lebih banyak tersedia makanan sehingga nantinya anak anak lele berpeluang lebih untuk bertahan hidup.

Di musim penghujan tanah disekitar tanah akan basah dan banyak yang terbawa aliran air kesungai sehingga tanah tanah yang berada di sungan menjadi lebih banyak dan lebih empuk, banyaknya endapan yang berada disungan membuat bau bau yang has yang disukai oleh lele. Dengan kondisi seperti ini akan merangsang lele untuk semakin matang dan siap untuk melakukan pemijahan.

Lele merupakan binatang yang tergolang melakukan perkembang biakan secara ovipar atau pembuahan telur diluar tubuh. Lele lele pejantan yang telah siap melakukan pemijahan akan mencari betina yang juga siap melakukan pemijahan. Setelah mereka bertemu maka akan mencari tempat strategis untuk menyimpan telur telurnya.

Jika ikan lele telah memukan tempat yang dirasa bagus mereka akan melakukan perkawinan. Meskipun lele dikenal sebagai hewan yang kanibal tetapi lele merupakan hewan yang setia kepada pasangan jadi mereka akan menunggu telur telurnya secara bersamaan sampai menetas.

Untuk saat ini lele bukan hanya hidup di alam dan berkembang biak di alam tetapi sekarang sudah banyak orang yang membudidayakan lele dirumah baik hanya untuk peliharaan taupun untuk kepentingan bisnis. Dimasyarakat saat ini lele sudah dikembangbiakkan di kolam kolam baik dari tanah semen terpal atau fiber bahkan ada yang menggunkan drum sebagai kolam.

Kebutuhan akan bibit lele semakin lama semakin banyak dan perkembangbiakan dialam tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan. Sehingga saat ini lele sudah dilakukan pemijahan dikolam kolam budidaya baik secara lami maupun buatan.

Budidaya Ikan Lele

Kebutuhan akan ikan lele yang semakin meningkat, membuat orang - orang melakukan perkembangbiakan ikan lele dengan cara dibudidayakan. Perkembangbiakan ikan lele yang dilakukan dalam proses budidaya ikan lele, sering disebut dengan Pemijahan. Secara umum, di indonesia pembudidaya ikan lele melakukan pemijahan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Pemijahan secara alami didalam kolam
  • Pemijahan semi alami
  • Pemijahan buatan

Kalian dapat membaca lebih detail tentang cara - cara pemijahan ikan lele pada artikel sebelumnya.

Ikan Lele Sebagai Makanan

Di seluruh dunia ikan lele didapatkan dengan cara ditangkap maupun dibudidayakan. Penilaian terhadap rasa dari daging ikan ini bervariasi, ada yang menganggapnya memiliki rasa yang luar biasa, ada yang menganggapnya tidak memiliki rasa yang kuat. Ikan lele dimasak dengan berbagai cara. Di Eropa ikan ini dimasak dengan cara yang sama dengan ikan mas namun di Amerika Serikat ikan ini dibalut dengan tepung dan digoreng.

Ikan lele mengandung VItamin D yang cukup tinggi. Ikan lele hasil budi daya mengandung asam lemak omega-3 yang rendah namun memiliki asam lemak omega-6 yang tinggi.

Ikan lele yang banyak dipasarkan di Amerika Serikat merupakan ikan dari famili Ictaluridae. Sedangkan di Indonesia, ikan lele yang dikonsumsi paling banyak berasal dari famili Clariidae pada ordo yang sama.

Jenis Ikan Lele Yang Dibudidayakan di Indonesia

Meskipun banyak sekali jenis ikan lele di dunia, namun di Indonesia hanya beberapa jenis yang sangat populer dibudidayakan. Jenis ikan lele diklasifikasikan berdasarkan persilangan indukan, ciri-ciri fisik, hingga tingkat pertumbuhannya. Jenis ikan lele yang populer di Indonesia antara lain:

  1. Lele Lokal
  2. Lele Dumbo
  3. Lele Sangkuriang
  4. Lele Phyton
  5. Lele Masamo
  6. Lele Mutiara

Pada artikel selanjutnya, kami akan mengupas lebih dalam tentang jenis - jenis ikan lele. Beberapa pembudidaya menganggap, menentukan jenis ikan lele yang akan dibudidayakan akan mempengaruhi kesuksesan budidaya.

Makanan Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang sangat rakus dan mau memakan apa saja. Tetapi meskipun demikian, ikan lele lebih cenderung menyukai makanan yang berbau amis. Ikan lele mempunyai sifat kanibal, mereka dapat memangsa satu sama lain sebagai makanan meskipun dalam keadaan mangsa mereka masih hidup sekalipun.

Dalam praktek budidaya, ikan lele biasanya diberikan makanan pelet dengan kandungan protein yang tinggi untuk mendongkrak pertumbuhan mereka. Selain itu, makanan tambahan ikan lele dapat berupa makhluk hidup lain seperti cicak, keong, cacing, jangkrik, dan lain sebagainya.

 

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia