Image


21MEI

Mengobati Lele Kembung

Seringkali kita temui berbagai masalah dan penyakit pada lele, salah satunya yaitu ikan lele kembung. Lele kembung terjadi karena salah satu penyakit pada ikan lele, pakan atau bahkan kondisi air di dalam kola mikan lele. Apabila hal tersebut di biarkan maka akan menghambat pertumbuhan pada ikan lele, atau bahkan bisa menyebabkan kematian pada ikan lele, karena ikan lele yang kembung akan menurun nafsu makannya.

Lele kembung merupakan salah satu penyakit yang bisa memunculkan gangguan pertumbuhan pada ikan lele, baik secara langsung maupun tidak langsung. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh organisme lain, pakan, maupun keadaan lingkungan yang kurang mendukung kehidupan ikan lele. Lele yang menderita perut kembumg biasanya akan mengambang dipermukaan, lele tersebut berbeda dengan lele yang mengambang, berdiri. Lele malas bergerak dan bila bergerak, gerakanya pun amat lambat dan juga tidak mau makan.

Keadaan seperti ini jika tak waspada atau jika dibiarkan maka benih lele akan mati walaupun dengan jangka waktu yang lama. Penyebab dari kondisi ini dikarenakan daya tahan benih ikan lele menurun dan bersamaan dengan datangnya penyakit dan setelah daya tahan menurun yang semula bakteri yang berada dalam tubuh ikan tersebut positif berubah menjadi bakteri negatif yang berbahaya dan dapat mengakibatkan perut kembung pada ikan lele.

Dengan demikian timbulnya serangan penyakit ikan di kolam merupakan hasil interaksi yang tidak selaras antara ikan, kondisi lingkungan dengan organisme penyakit. Interaksi yang tidak selaras ini telah menyebabkan stress pada ikan, sehingga mekanisme pertahanan diri yang dimilikinya menjadi lemah sehingga mudah diserang oleh penyakit.
Salah satu penyakit yang menyerang ikan lele merupakan terjadinya pembengkakan dibagian perutnya. Dan kalau hal ini terjadi pada ikan lele yang dipelihara, maka mesti langsung dijalankan penanganan yang intensif.

Lele banyak yang mati dengan kondisi perut kembung, bahkan dapat menyerang hampir semua ikan dalam satu kolam yang sama. Perut kembung pada lele biasanya disebabkan oleh pemberian makanan atau pelet yang kurang tepat. Pemberian pakan wajib memenuhi standar agar benih lele bisa tumbuh maksimal dan sehat. Lele dikenal sebagai ikan yang rakus. Saat memberikan pakan lele yang berlebihan, lele akan terus makan hingga perutnya penuh hingga pada akhirnya terjadi permasalahan pencernaan. Ini adalah salah satu yang menyebabkan lele kembung dan lama-kelamaan akan mengakibatkan kematian.

Ciri - ciri ikan lele kembung

  • Ikan lele buncit/ kembung yang berlebihan namun bukan berisi pakan atau kotoran, perut lele kembung berisi angin dan cairan seperti lendir.
  • Ikan lele akan cenderung menggantung dipermukaan kolam dan gerakannya kurang agresif.
  • Lele kembung akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga jika kita beri pakan pada lele kembung mereka tidak terlalu rakus.

Penyebab Turunya Daya Bendung Pada Ikan Lele

  • Tekanan gas di dalam air berlebihan sehingga mengakibatkan penumpukan gas dalam gelembung renang atau perut
  • Tak stabilnya antara pH lingkungan dengan pH di dalam darah ikan.
  • Salah satu jenis bakteri dapat menyebabkan perut membesar

Langkah-langkah dan Cara Mengatasi Lele Kembung antara lain:

  • Pisahkan lele yang sakit pada kolam yang terpisah dengan lele sehat, jika sebagian besar lele yang kembung maka tidak usah dipisahkan.
  • Alirkan air secara terus menerus hingga volume 80%
  • Tambahkan 1 sendok teh garam per 1 galon air kolam,
  • Berikan pakan lele sedikit saja selama 2 atau 3 hari.
  • Berikan antibiotik pada kolam lele.
  • Perlakuan di atas dapat diterapkan pada lele kecil ataupun lele besar. Sebetulnya langkah yang lebih baik dilakukan yakni dengan mencegah sebelum penyakit tersebut timbul.

Mencegah kembung pada ikan lele dapat dilakukan dengan melakukan usaha dibawah ini:

  • Usahakan air kolam dalam kondisi baik
  • Kolam dapat diganti airnya secara teratur
  • Berikan pupuk organik
  • Berikan pakan yang berkualitas, mempunyai nilai nutrisi yang komplit
  • Jangan terlalu berlebihan pada waktu pemberian pakan

Baca juga, Jenis penyakit lele dan cara mengobatinya

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia