Image


20FEB

Pemijahan Ikan Lele Semi Alami

Pemijahan lele secara semi alami merupakan suatu metode pemijahan yang dilakukan dengan merangsang induk lele agar mencapai kematangan gonad dengan melakukan perangsangan menggunakan hormone, dan proses ovulasinya dilakukan seperti cara alami.


Pemijahan semi alami bertujuan agar produksi benih tetap setabil sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembudidayaan di segmen pembesaran.
Teknik pemijahan semi alami dilakukan dengan menggunbakan hormone Ovaprim
Hormon Ovaprim merupakan jenis hormone HCG yang secara luas digunakan dalam bidang akuakultur untuk merangsang proses pematangan gonad pada saat pemijahan ikan.
Dengan menggunakan dosis berbeda-beda disesuaikan dengan berat induk ikan yang akan di pijah. Biasanya dosis untuk ikan dengan berat 1 kg maka 0,3 ml/kg berat induk.


Pada saat penyuntikan dilakuan pertamakali pada induk betina, kemudian diikuti dengan menyuntikan induk jantan. Suntikan di lakukan pada bagian punggung lele kira-kira 2 cm di bawah sirip pungung dengan kemiringan 45 derajat kea rah kepala, dengan kedalaman jarum suntik 1-2 cm di sesuaikan dengan besar kecilnya tubuh ikan. Setelah selesai penyuntikan kita tutup bekas suntikan dengan menggunakan jari kita beberapa saat, supaya obat tidak keluar.
Setelah proses penyuntikan selesai kita bisa melepaskan indukan di kolam pemijahan, dan proses pemijahan serta tempat pemijahan sama pada proses pemijahan secara alami. Hanya yang membedakan pemijahan semi alami yaitu di dahului dengan penyuntikan hormone pada induk lele.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia