Image


22FEB

Penyakit Yang Sangat Serius Pada Ikan Lele

Penyakit pada ikan lele dapat disebabkan oleh berbagai faktor, jenis penyakitnya pun berbeda - beda. Dengan penyakit yang berbeda, akan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Terdapat jenis - jenis penyakit yang mudah ditangani, ada juga jenis penyakit yang serius pada ikan lele yang sangat sulit untuk diatasi. Sebelum ikan lele yang anda budidayakan terkena penyakit yang serius yang dapat menyebabkan kematian masal dan kerugian yang signifikan, ada baiknya anda mengetahui dan memahami jenis dan penyebab penyakit yang sangat serius pada ikan lele.

Penyakit yang sangat serius pada ikan lele, diantaranya:

  • Parasit

Parasit biasanya lebih berdampak pada bibit ikan lele kecil dibandingkan lele yang sudah dewasa. Banyak parasit memerlukan pemeriksaan mikroskopis untuk identifikasi dan diagnosis lebih mendalam. Infeksi pda insang dan kulit ikan lele adalah gejala paling umum yang dapat ditemui. 

Parasit ikan lele termasuk dalam penyakit yang disebabkan oleh protozoa, trematoda (belatung), cestoda (cacing pita), nematoda (cacing gelang), krustasea dan jamur. Parasit protozoa menyebabkan banyak kematian tetapi dapat dikontrol dengan pengobatan atau terapi yang dilakukan secara rutin. 

  • Bakteri

Infeksi bakteri pada ikan lele hampir selalu terkait dengan keadaan lingkungan. Beberapa bakteri yang sangat penting untuk diperhatikan adalah Flexibacter columnaris, Aeromonas hydrophilla dan Salmonicida. Ini adalah bakteri tanah ditemukan di sebagian besar tanah dan air. Karena mereka hampir selalu ada, bakteri ini bisa menjadi masalah ketika ikan sedang stres dan dapat menghambat pertumbuhan bibit ikan lele. Bakteri lain seperti Edwardsiella tarda dan E. ictaluri. Edwardsiella ictaluri menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai enterik septikemia lele (ESC). Semua penyakit bakteri ini dapat menyebabkan kerugian yang signifikan. 

Terramycin® dan Romet® adalah satu-satunya antibiotik berlisensi untuk mengobati infeksi saluran bakteri ikan lele. Keduanya biasanya dicampurkan pada pakan ikan lele.

  • Channel catfish virus disease (CCVD)

Channel catfish virus disease (CCVD) penyakit virus yang sangat serius dan sangat penting untuk diperhatikan bagi ikan lele. Bibit ikan lele dapat terkena penyakit ini terutama pada musim kering atau musim panas. Jika ikan lele terkena penyakit CCVD ini, akibatnya ikan akan sangat kurus dan tidak dapat tumbuh besar. 

Ketika ikan tidak dapat tumbuh besar dan terlihat sangat kurus karena penyakit ini, maka sebaiknya anda melepaskan ikan ini ke tempat lain atau membuangnya untuk meminimalisir kerugian. Karena penyakit ini mungkin sudah tidak bisa diatasi lagi, jika bisa diatasi maka itu akan sangat sulit. Perlu penanganan khusus secara ilmiah yang membutuhkan penelitian khusus.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia