Image


18JAN

Proses Seleksi Induk Ikan Lele

Proses seleksi induk ikan lele yang tidak tepat sering sekali menjadi penyebab dan memiliki andil pada gagalnya proses pemijahan. Kegagalan tersebut dapat disebabkan oleh induk ikan lele yang terlanjur stress pada saat proses seleksi atau terjadi kecacatan pada indukan.

Kolam pemeliharaan induk ikan lele sebaiknya menggunakan kolam beton atau tembok, juga dapat menggunakan kolam terpal. Kolam pemeliharaan diharuskan memiliki dinding kolam yang tinggi untuk mengantisipasi induk lele yang melompat dari kolam. Selain itu, akan lebih baik jika kolam pemeliharaan dibuatkan penutup agar induk lele merasa nyaman dikolam. Kenyamanan induk dikolam pemeliharaan, membuat induk tidak mempunyai keinginan untuk melompat sehingga dapat mencegah induk lele stress ataupun terluka.

Dibawah ini merupakan alasan kenapa kolam pemeliharaan dianjurkan menggunakan kolam terpal atau kolam tembok?

  1. Mudah dalam pengambilan induk ketika akan dipijahkan. Dalam proses pengambilan induk ikan lele dari kolam pemeliharaan, kuraslah terlebih dahulu airnya hingga habis. Jangan sekali – kali mencoba menangkap induk ikan lele ketika air masih banyak, hal tersebut dapat menyebabkan induk lele stress.
  2. Melatih induk lele agar terbiasa di kolam pemijahan. Dengan memelihara induk ikan lele di kolam terpal atau kolam tembok, induk lele akan terbiasa dengan habitat kolam tersebut sehingga induk lele tidak mudah stress ketika dipindahkan ke kolam pemijahan.

Secara singkat, proses pemilihan atau seleksi indukan dapat dijabarkan seperti dibawah ini:

  1. Kuras kolam pemeliharaan hingga airnya benar – benar habis.
  2. Lakukan pengecekan indukan jantan yang telah matang dan siap dipijahkan.
  3. Pindahkan induk jantan terlebih dahulu kedalam kolam pemijahan dan tunggu sekitar 10 menit sampai induk jantan mengenali tempat barunya.
  4. Lakukan pengecekkan induk betina yang telah matang gonad.
  5. Angkat induk betina dengan hati – hati dan pindahkan ke kolam pemijahan yang sebelumnya sudah ada indukan jantannya.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia