Image


23MEI

Tips Memilih Jenis Lele Yang Akan Dibudidayakan

 

Budidaya ikan lele merupakan sebuah kegiatan atau pekerjaan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Untung atau ruginya dalam budidaya lele sangat dipengaruhi oleh berbegai faktor. Faktor yang sering dijumpai oleh pembudidaya yang berdampak langsung pada hasil budidaya adalah kurang maksimalnya hasil dan besarnya biaya perawatan. 

Bagi pembudidaya lele pemula, seringkali mereka bingung dalam menentukan jenis lele yang akan ia budidaya. Apakah jenis lele sangkuriang, mutiara, atau yang lainnya. Penentuan jenis lele mempengaruhi banyak hal, seperti biaya perawatan, jangka waktu pemeliharaan, dan jumlah yang dihasilkan. Jika anda ingin memulai budidaya ikan lele, maka akan lebih baik mempelajari kekurangan dan keunggulan dari jenis-jenis lele. Masing-masing jenis atau strain lele memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda, tentukanlah jenis lele yang sesuai dengan keadaan geografis dan keadaan lingkungan kolam. 

Lele Lokal

Dari pengalaman dan pengamatan yang kita lakukan, sekarang telah jarang sekali pembudidaya yang membudidayakan jenis lele lokal karena tidak memiliki nilai keuntungan yang besar bahkan justru merugi. Budidaya lele lokal memakan waktu lebih lama karena pertumbuhan lele lokal cenderung lambat. Dari lambatnya pertumbuhan lele lokal, maka pembudidaya mengalami beberapa kerugian, yaitu: rugi waktu, rugi pakan, dan rugi perawatan. Jelas jika proses pemeliharaan dalam waktu lama, akan membuat biaya pakan bertambah dan juga biaya perawatan juga bertambah.

Lele Dumbo

Lele dumbo memiliki proses pemeliharaan yang lebih cepat dibandingkan lele lokal, ukurannya yang lebih besar juga membuatnya lebih berbobot. Meskipun lele dumbo tidak segurih atau tidak seenak lele lokal dalam konsumsinya, tetapi tidak menurunkan minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan lele jenis dumbo. Keunggulan yang dimiliki lele dumbo, selain waktu pemeliharaan dan ukurannya, lele dumbo juga memiliki ketahanan tubuh yang kuat meskipun tak sekuat lele lokal. Ketahanan tubuh lele dumbo membuat resiko kematian lebih rendah.

Lele Sangkuriang

Kami telah mencoba membudidayakan lele berjenis sangkuriang, tidak diragukan lagi bahwa lele jenis sangkuriang memiliki peluang margin keuntungan yang lebih besar dibandingkan lele dumbo  maupun lele lokal. Bagaimana tidak, pada tahap pembenihan lele sangkuriang saja dapat menghasilkan telur dan benih lebih banyak dibandingkan jenis - jenis lele sebelumnya. Dari situ kita menang dalam faktor jumlah. Belum lagi kita tahu bahwa lele sangkuriang memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih baik dibanding lele dumbo maupun lokal. Dari kualitas rasa memang tidak sebaik lele dumbo apalagi lele lokal, tetapi masih tetap bisa diterima oleh konsumen.

Lele sangkuriang merupakan jenis lele yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Dari pengalaman yang telah dilakukan oleh para pembudidaya, lele sangkuriang dianggap jenis lele yang mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar. 

Lele Mutiara

Lele strain yang terbaru ini menurut pengalaman dan pengamatan kami, tidak jauh berbeda dengan lele sangkuriang. Pada dasarnya, lele ini memiliki tingkat pertumbuhan yang paling baik serta jumlah telur yang dihasilkan jauh lebih banyak dari lele - lele sebelumnya. Tetapi perlu diketahui, menurut pengalaman kami saat membudidayakan lele jenis mutiara ini kami mendapati bahwa ketahanan tubuh lele ini tidak lebih baik dari lele sangkuriang.

Kesimpulannya, lele mutiara memiliki nilai yang lebih baik daripada lele sangkuriang dilihat dari segi jumlah telur yang dihasilkan, dan waktu pemeliharaan yang diperlukan relatif lebih singkat. Perawatan yang lebih mudah juga membuat lele mutiara mulai banyak diminati. Tapi perlu diperhatikan bahwa tingkat kematian lele mutiara lebih tinggi daripada lele sangkuriang. 

 

Lalu, jenis lele apakah yang sebaiknya kita budidayakan?

Menentukan jenis lele yang akan dibudidayakan, disesuaikan dengan tujuan utama dalam budidaya. Jika anda memiliki tujuan mengejar kualitas rasa, maka lele lokal dan lele dumbo bisa menjadi pilihan anda. 

Jika anda memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi, lele sangkuriang dan lele mutiara bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda untuk dibudidayakan. Tetapi jangan lupakan faktor lingkungan kolam. Jenis lele yang anda tentukan, membutuhkan tingkat kualitas air yang berbeda. Jika kualitas air di lingkungan kolam anda buruk, maka lele sangkuriang dan mutiara akan cukup sulit dibudidayakan.

Pada dasarnya, setiap jenis lele selalu diteliti oleh Balai Riset Perikanan dari Kementrian Perikanan. Mereka selalu mencoba menghasilkan strain lele yang lebih baik. Jenis lele yang dikeluarkan selalu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Semoga dari tulisan ini, anda dapat mendapatkan gambaran jenis lele apa yang akan anda budidayakan. Tulisan ini didasarkan pada pengalaman yang telah kami lakukan, semoga tulisan ini bermanfaat.

 

Baca juga: Lele Mutiara, Keunggulan Lele Sangkuriang.

ARTIKEL TERBARU

Tags

Opportunie.com
Ribuan informasi lowongan pekerjaan di seluruh dunia